Ketika Penaku Bicara

Pena : apa yang kau tunggu? Ayo… goreskan aku diatas kertasmu!

Aku   : hmm…. (berfikir..)

Pena : apa yang kau fikirkan?

Aku   : hmm…. (berfikir..)

Pena : susah cari inspirasi? Ayo ku bantu!

Aku   : aha..!!

Pena : (mengerutkan dahinya)  #ops! kayak apa dahinya?#

Aku   : yang manfaat untuk orang lain…

Pena : lalu apa lagi?

Aku   : yang bisa mengingatkan diriku sendiri juga…

Pena : lalu apa lagi?

Aku   : yang bisa membantu aku tergerak mempelajari sesuatu, yang belum aku tahu…

Pena : ada lagi?

Aku   : yang mendatangkan pahala untukku

Pena : hanya pahala biasa? standard?

Aku   : maksudmu?

Pena : bukan pahala multi level?

Aku   : (mengerutkan dahi) #tentu aku punya dahi#

Pena :

jika kau menjadi sebab sebuah kebaikan bagi orang lain, lalu orang lain mengamalkan dan  mengajarkan atau menyebarkankan pada orang lain lagi, lalu orang ketiga melakukan hal yang sama, dan begitu seterusnya….maka pahalamu akan terus mengalir…bahkan hingga kau telah meninggalkan dunia ini. Kurang lebih seperti seseorang yang memperoleh penghasilan dari multi level marketing.

Aku  :

aku tahu, tapi niat awalku hanya ‘lakukan dulu!’  ‘just do it!’ dan aku yakin Allah tidak akan pernah salah hitung, matematika Allah berbeda dengan matematika mahluk.

Apa kau tahu juga? ‘seseorang yang mendapatkan hidayah karena sebabmu, itu lebih baik dari pada unta merah (setara mobil termewah)’

Pena :

tentu saja aku tahu, dan ‘sampaikan walau satu ayat’, ‘amalkan ilmu’, ‘sebaik-baik kalian adalah yang mempelajari alqur’an dan mengajarkannya’, sebaik-baik kalian adalah yang memberi manfaat untuk orang lain’, bla……… bla………. dan bla………….banyak lagi

Lalu apa lagi yang akan kau goreskan?

Aku :

aku tidak selalu menggoreskan, aku juga ingin membagi apa yang pernah aku dapat dari orang lain, agar lebih banyak lagi orang lain yang mendapatkan ilmu, bersyukur kalau mereka mendapatkan manfaatnya.

Pena  :

Bagaimana dengan perasaanmu, apa kau tidak ingin membaginya juga dengan orang lain apa yang sedang kau rasakan…..?

Aku   :  tidak…..tidak selalu, bahkan tidak sama sekali…..

Pena :  kenapa??

Aku   :

ya….karena itu area pribadiku…. kau tahu privacy kan? Itu hak ku untuk tidak membaginya dengan orang lain! hanya aku dan Allah yang tahu perasaanku…..

Pena :

bukankah jika kau menggoreskannya, ada yang plong! keluar dari hatimu, yang mungkin selama ini kau rasakan sebagai beban…

Aku  :  aku bisa membaginya dengan Robb-ku atau org2 yang aku percaya….

Pena :

baiklah…. tapi aku yakin ada banyak perasaan-perasaan yang bisa kau bagi, tapi tidak selalu privacy, betul begitu?

Aku  :

Ya, kau benar. Tapi kadang aku khawatir…. jika perasaanku yang bermain…aku takut ada campur tangan syetan dlm hatiku yang membawa goresanku pada suatu kesalahan, dan kesalahan itu diikuti orang lain…..

Pena :

jangan khawatir…. just do it! goreskan saja dulu…. dan semuanya akan mengalir….. asal niatanmu lurus …..berdo’alah, dan aliran goresanmu akan seperti aliran air  sungai yang bening, menyejukkan, mengundang orang lain ingin membersihkan dan menyegarkan dirinya :D  aku akan membantumu.

Aku  : Hei…! bagaimana cara kau membantuku?

Pena :

tentu saja akan kubentengi diriku, jika kutahu mulai ada tangan syetan ikut memegang punggungku bersama-sama tanganmu, segera kutepis dia sampai melepaskan pegangannya, dan begitu seterusnya jika dia mulai lagi…….

Aku   :  (tersenyum kurang yakin)  oooh… begitu, bagaimana jika aku terlanjur menggoreskannya?

Pena :

aku akan membantumu menghapusnya, kau lihat nanti pasti banyak goresanmu yang akan beberapa kali kau edit, nah salah satunya karena bantuanku (tertawa nyengir..)

Aku  :

huuuu… sok yakin… oke…oke…kita mulai sama-sama menggoreskan sesuatu dengan niatan yang lurus, kita saling bantu, dirimu (baca: pena)  juga jadi lebih manfaat daripada hanya dipajang di etalase toko. Basmalah ya! semoga Allah memberkahi … bismillahirrahmaannirraahiim……

(*admin:  jangan serius2 dunk bacanya….! hehehe cuma pengantar pagi…. atau admin@narcis.com??? :D  ….. Insya Allah gak🙂 )

Leave a Reply

